Cara Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat secara Alami

Cara Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat secara Alami

Wajah berminyak masih cukup normal, tetapi jika produksi minyak berlebihan, Anda sebaiknya tidak mengabaikannya. Selain bisa menyebabkan jerawat, itu juga membuat penampilan terlihat usang.

Menurut beberapa ahli kulit, pemicu produksi minyak yang berlebihan pada wajah seseorang dapat disebabkan oleh faktor hormonal, aktivitas sehari-hari, udara, pola makan dan pengaruh lingkungan.

Dengan melakukan perawat secara teratur tentu hal tersebut bisa diatasi. Nah, bagi Anda yang merasa memiliki wajah berminyak dan berjerawat, cobalah lakukan tips-tips di bawah:

Cara Merawat Wajah Berminyak

1. Jangan abaikan pelembab

Dikutip oleh majalah Cosmopolitan, menurut Dr. Waldorf dan Mattioli, dokter kulit di Waldorf Dermatology Aesthetics, Nanuet, New York, salah satu kesalahan terbesar pasien dengan jenis kulit berminyak adalah dengan menghilangkan pelembab.

Menurut mereka, menambahkan pelembab adalah cara penting untuk menjaga kulit tetap sehat karena dapat mencegah bakteri atau radiasi UV yang dapat mengancam keseimbangan lemak kulit.

Namun, menambahkan pelembab terkadang kurang praktis jika Anda terburu-buru menghadiri acara tertentu.

2. Bersihkan wajah 3 kali sehari

Membersihkan wajah dengan menggunakan air biasa lebih dari tiga kali sehari mungkin tidak menjadi masalah. Namun, ketika ditambahkan ke berbagai produk pembersih, kerusakan kulit lebih mungkin terjadi.

Nah, bagi Anda yang ingin mencuci muka, ada baiknya menggunakan air dingin atau air es agar pori-pori kulit berkurang dan menjaga keseimbangan pH kulit.

Jangan lupa mengurangi produk pembersih yang keras dan mengandung banyak asam salisilat sehingga kulit tetap sehat dan mencegah kelebihan lemak.

3. Bahan alami lebih baik untuk merawat kulit berminyak

Masker putih telur adalah solusi yang tepat untuk mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan menambahkan campuran lain seperti madu atau tepung beras untuk menghasilkan tekstur seperti pasta.

Cara Merawat Wajah Berjerawat

1. Jangan memencet jerawat

Jangan pernah memikirkan memencet jerawat hanya karena Anda ingin menghilangkan nanah atau lemak. Memencet jerawat dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti infeksi, peradangan, dan umumnya akan meninggalkan bekas kemerahan yang sulit dihilangkan.

Ketika jerawat muncul, yang terbaik adalah merawatnya. Pada tahap awal, sebagai bentuk pencegahan terhadap peradangan, adalah mengompres bagian jerawat menggunakan es batu selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin yang mengalir.

2. Gunakan minyak penyu

Minyak penyu atau bulus adalah salah satu obat tradisional yang digunakan oleh orang kuno untuk menyembuhkan puluhan penyakit kulit, termasuk jerawat. Penggunaannya cukup mudah dan sederhana.

Sebelum menggunakan minyak kura-kura, Anda harus terlebih dahulu membersihkan wajah, lalu, setelah mengoleskan minyak tersebut pada wajah yang terkena jerawat dan tunggu selama 5 hingga 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Selain minyak penyu, Anda juga bisa mengobati jerawat menggunakan bahan alami seperti buah-buahan. Misalnya, lemon, pisang, mentimun, dan pepaya.

3. Hindari makanan berlemak dan tinggi protein

Ketika wajah telah terkena jerawat, pada saat itu harus lebih selektif untuk mengklasifikasikan makanan yang ingin Anda konsumsi. Sebisa mungkin, hindari makanan yang mengandung banyak lemak dan protein seperti daging sapi, telur, ayam dan gantilah dengan ikan yang kaya omega-3.

Tidak cukup sampai disitu, jerawat wajah juga perlu perawatan khusus dari dalam untuk mengetahui penyebab munculnya tonjolan merah. Misalnya, mulailah menambah asupan sayuran dan buah segar dan jangan pernah berhenti minum air putih yang cukup.